Minggu, 09 Agustus 2015

Ranu Kumbolo – Indahnya Danau di Kaki Mahameru

Pernahkah anda mendengar Ranu Kumbolo? ya, benar sekali, Ranu Kumbolo merupakan salah satu danau yang berada di trek pendakian Gunung Semeru. Nama Ranu Kumbolo kini semakin meroket semenjak diputarnya Film 5 Cm. Dalam film tersebut, pada beberapa adegan memperlihatkan keindahan Ranu Kumbolo yang menakjubkan. Bahkan keindahan Ranu Kumbolo juga terlukis dalam bait lagu Dewa 19 yang berjudul “Mahameru”.


Ranu Kumbolo sendiri beradapada ketinggian 2.400 meter dpl. Ranu Kumbolo merupakan sumber air bersih bagi para pendaki Gunung Semeru yang tengah berkemah atau yang akan mendaki ke Mahameru, puncak Gunung Semeru. Di Ranu Kumbolo terdapat tempat perkemahan. Tempat ini adalah salah satu titik berangkat untuk mendaki Gunung Semeru.
Keindahan Ranu Kumbolo tak perlu diragukan lagi. Bahkan salah satu tujuan para pendaki ke semeru adalah salah satunya untuk dapat menapakkan jejak di Ranu Kumbolo ini. Di sana, para pendaki biasanya berburu sunrise yang memang begitu mengagumkan. Matahari pagi muncul di sela-sela dua bukit hijau berpadu dengan beningnya air danau menjadi sebuah panorama yang tak terucap. 

Tidak hanya di pagi hari, pada siang menjelang sore, kabut putih mulai turun menyelimuti Ranu Kumbolo yang tak kalah indahnya. Di malam hari, bila kamu membawa kamera DSLR, kamu bisa mengabadikan gugusan bintang-bintang galaksi Bima Sakti yang bertebaran di langit, yang tak akan kamu dapatkan di kota-kota besar. Tak hanya itu, saat malam menjelang anda akan disuguhkan oleh pemandangan angkasa yang sungguh menakjubkan. Jejeran bintang yang membentuk formasi seakan menjadi lampion kecil yang menemani tidur anda. Jangan lupa untuk memakai jaket yang tebal, sarung tangan dan kaos kaki, karena suhu disana bisa mencapai minus 5 derajat Celcius pada malam hari. 

Di sekitar Ranu Kumbolo terdapat beberapa plakat para pendaki yang meninggal dunia disana. Gunung semeuru bukanlah gunung sembarangan. Dibutuhlan fisik yang prima untuk dapat menaklukkan puncaknya. Jadi, sebelum berangkat mendaki, usahakan selama seminggu sebelumnya anda memperbanyak olahraga.
Lokasi:
Ranu Kumbolo berada di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Letaknya di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Luasnya 15 hektare yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.
Untuk mencapai Ranu Kumbolo, pendaki harus berjalan menyusuri jalan setapak selama kurang lebih 5-7 jam dari pos pendaftaran Ranu Pani. Selama di perjalanan, pendaki bisa beristirahat di pos-pos yang telah dibangun, dari pos 1 sampai pos 4. Terdapat beberapa laranga di Ranu Kumbolo. Hal ini untuk melestarikan keasrian Ranu Kumbolo.

Larangan-larangan di Ranu Kumbolo:
• Dilarang berenang di danau
• Dilarang mandi pakai sabun, shampo, dan bahan kimia lain
• Dilarang buang air kecil dan besar di danau
• Dilarang membuang sampah di sekitar danau
• Sampah harus di bawa turun kembali
• Dan lain-lain
Jika bukan kita yang menjaga keasrian Ranu Kumbolo, siapa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar